Jul 31, 2014

Pindah Aplikasi Android ke Device Lain



Gambar diambil dari bestandroidsolutions.com

Untuk posting ini, ceritanya bermula saat anak saya yang paling kecil berebut untuk main game yang ada di tempat kakaknya. Ngerengek-rengek sampe nangis ga karuan. Kasian liatnya.

Mau download aplikasi yang sama buat si kecil, tapi kasian sama kuota paket yang tinggal dikit :D akhirnya browsing buat cari cara/aplikasi yang bisa digunakan.

Nah.. Dengan sekali, dua kali ketik kata kunci (plus doa yang ga putus-putus :D) akhirnya langsung nemu aplikasi yang bisa digunakan.


Nah.. Tanpa ba-bi-bu langsung install aplikasi ES File Explorer

Setelah selesai install, langsung ikuti langkah-langkah berikut:
1. Run aplikasi, lalu pilih menu Fast Access


2. Kemudian pilih menu App Manager


3. Akan terlihat semua aplikasi yang terinstall pada device kita, pilih aplikasi yang akan kita pindah, kemudian pilih backup. Sebenarnya aplikasi tidak di backup, tetapi merubah aplikasi yang sudah terinstall pada device kembali menjadi file installer (.apk)


4. Setelah proses backup selesai dijalankan, hasilnya adalah file .apk yang nantinya akan kita install-kan pada device yang lain. 


Yah, sederhana namun sangat berguna. Daripada buang-buang kuota, kalau bisa di hemat dengan cara seperti ini kan lumayan juga nih :D

Semoga berguna..

Oh ya, jika ada dari pembaca punya referensi yang lain (misal punya referensi aplikasi yang bisa langsung backup segelondong tu aplikasi tanpa perlu rubah jadi file .apk) boleh share disini.


*** Hanya Sekedar Catatan ***
***      Biar Ga Lupa     ***

Catatan Terkait:

No comments:

Post a Comment