Jun 22, 2014

'Ping' Is Not Recognized As An Internal or External Command Operable Program or Batch File Error

Hiu..

Dasar ya dapet komputer 'lungsuran', ada aja yang aneh-aneh, setelah dipake ternyata command dos tidak berfungsi, setiap coba command 'ping', keluar error pada layar command prompt 
" 'ping' is not recognized as an internal or external command operable program or batch file error"
seperti gambar dibawah ini nih.


Lalu, daripada minjem komputer temen sekantor hanya buat nge-ping untuk ngecek koneksi (jadi ga lucu tuh -.-" ) maka mulailah ilmu google diterapkan :D

Ketemu artikel disini nih http://superuser.com/questions/745873/ping-is-not-recognized-as-an-internal-or-external-command-operable-program-or , disana ada user yang juga mengalami kendala yang sama. Akhirnya saya coba solusi yang dia berikan :

1. Klik Start -> MyComputer -> Properties
2. Lalu akan muncul window System Properties. Pada window tersebut cari tab Advance -> Environment Variable seperti gambar berikut


3. Pada window Environment variable, cari 'PATH' pada bagian System Variable. Pastikan value untuk 'PATH' adalah c:\windows\system32. Jika valuenya tidak mengarah ke direktori tersebut, maka command pada command prompt tidak akan bisa digunakan. Seperti yang ada pada komputer saya, ternyata value untuk 'PATH'-nya adalah c:\windows\system32\Wbem. Untuk permasalahan saya, saya menambahkan path c:\windows\system32 agar tidak menganggu aplikasi yang menggunakan path ke \Wbem.


4. Setelah merubah value 'PATH', maka langsung saja dicoba pada command prompt, dan hasilnya walah.. :D



Akhirnya, command standar dos yang paling sering saya gunakan, yaitu PING sudah sehat dan siap kembali digunakan untuk bertempur.. Hahahaha... ;D

Semoga tulisan yang sangat sederhana ini bisa berguna untuk pembaca semua.

*** Hanya Sekedar Catatan ***
***      Biar Ga Lupa     *** 


Referensi:
http://superuser.com/questions/745873/ping-is-not-recognized-as-an-internal-or-external-command-operable-program-or

Catatan Terkait:

1 comment: